Cara Menganalisa Kerusakan Tv Polytron Tidak Ada Siaran

Cara Menganalisa Kerusakan Tv Polytron Tidak Ada Siaran atau channel sama sekali dengan tepat cepat serta cermat, sepertinya dengan mengunjungi blog ini kalian sudah berada di tempat yang tepat, dan mungkin juga kalian akan mendapat informasi lain selain yang sedang kalian cari yaitu kerusakan tv polytron tidak ada siaran atau penyebab tv polytron tidak ada siaran adalah karena gagal-nya suatu rangkaian pada blok tuner untuk dapat beroperasi sebagaimana mestinya, baiklah itu tadi sedikit informasi yg dapat di jelaskan sebelum masuk ke tahap dan kasus yang sebenarnya yang mungkin akan sedikit membutuhkan waktu dan kejelian serta ketelitian dalam menangani kasus seperti ini, karena memang pada biasanya kasus atau Kerusakan Tv Polytron Tidak Ada Siaran seperti ini karena adanya jalur yang putus.

I. Cara Menganalisa Kerusakan Tv Polytron Tidak Ada Siaran:
1. Baiklah sobat semua, jika tv tidak ada siaran sama sekali maka tampilan yang ada hanyalah gambar semut atau hanya sekedar latar biru saja, seperti yang di tunjukkan pada gambar berikut di bawah ini.
Cara Menganalisa Kerusakan Tv Polytron Tidak Ada Siaran atau channel sama sekali dengan tepat cepat serta cermat, sepertinya dengan mengunjungi blog ini
2. Pada gambar di atas terlihat dengan jelas kalau tampilan pada tv tersebut hanya berupa layar blank berwarna biru polos dan tidak ada siaran sama sekali, namun di beberapa tv tampilan dapat berupa nois semut saja seperti tv yang tidak di pasang kabel antena, namun ini adalah benar-benar sudah terpasang kabel antena nya dengan benar dan tepat pada posisi dan tempatnya, namun lagi-lagi tv tersebut hanya berupa layar blank berwarna biru polos dan tidak ada siaran sama sekali.

3. Langsung saja buka penutup tv tersebut lalu lihat-lihat terlebih dahulu pada mesinnya, kalau-kalau ada benda asing atau hewan yang bersarang.

4. Namun tidak ada yang mencurigakan alias aman-aman saja, setelah saya rasa cukup untuk melihatnya, kemudian saya pun membalikkan mesin tersebut dan mengamati pada titik-titik solderan di hampir semua bagian, dan memang cukup banyak solderan yg terlihat retak dan usang.

5. Kembali solder ulang di semua titik yang membutuhkan, setelah selesai saatnya uji coba dan treeett. Steker saya tancapkan ke strop kontak, tv pun langsung menyala, setelah menyala saya coba ukur tegangan yang mensupply blok tuner seperti b+ dan tegangan-tegangan lain.

6. Disini rupanya ada kejanggalan, dimana supply 33volt hilang sama sekali, namun kata si empunya tv kadang tv masih bisa keluar siaran, saya pikir kok aneh ya rasanya, lalu saya pun kembali mengamati pada solderan tersebut dan masih baik" saja, karena memang baru saja saya solder ulang.

II. Cara Menganalisa Kerusakan Tv Polytron Tidak Ada Siaran:
1. Setelah garuk-garuk kepala beberapa saat lalu saya pun melanjutkan ke pencarian yang sebenarnya yaitu hilangnya tegangan 33volt tadi.

2. Lanjut lagi urut jalur tersebut dan ternyata di dapati hanyalah sebuah jalur yang putus karena sudah berjamur, lalu saya bersihkan jalur tersebut dengan menggunakan cairan thinner yang memang sudah saya bawa kemana pun saya pergi berpetualang (servis), Tampak pada gambar di bawah ini sebuah jalur yang putus.
3. Setelah selesai di bersihkan dari jamur, tahap selanjutnya adalah mengerok jalur tersebut dari cat PCB dengan hati-hati, karena jalur ini cukup kecil dan sangat rentan atau pun lemah dari putus.

4. Setelah selesai mengerok jalur tersebut dari cat pcb, kemudian saya mencoba menyambungnya kembali dengan menggunakan dua helai kabel serabut yang sudah saya leleti dengan timah solder, tujuannya adalah untuk memudahkan proses penyambungan jalur tersebut, jadi saat di tekan menggunakan solder maka kabel tersebut akan langsung lengket dengan jalur tersebut dan tidak perlu proses dua kali, seperti yang di tunjukkan pada gambar di bawah ini.
5. Setelah penyambungan jalur tersebut selesai, sekarang saatnya untuk melakukan uji coba untuk yang ke dua kali dan treeet. Steker saya tancapkan ke strop kontak, tv pun langsung menyala, setelah menyala saya coba ukur tegangan yang mensupply blok tuner seperti b+ dan tegangan-tegangan lain, disini yang terahir saya cek tegangannya adalah 33volt tadi, dan sekarang sudah tidak nol atau hilang lagi alias sudah muncul skitar 28volt dan ini berarti oke.

6. Setelah tegangan sudah keluar lalu saya coba menancapkan kabel antena ke tuner, dan byooorrrr,Gambarpun langsung nongol namun tidak ada suara karena kabel speaker sengaja belum saya pasang.

7. Setelah semua saya rasa sudah normal, sekarang saatnya mengemas serta menutup bagian belakang tv tersebut dan mengembalikan ke tempatnya semula dan waktunya untuk uji coba untuk yang kesekian kali nya dan Alhamdulillah tv sudah normal kembali.

Tetap semangat selalu kawan, dalam menangani kasus atau kerusakan tv seperti apa pun masalah nya, termasuk Kerusakan Tv Polytron Tidak Ada Siaran.

Jadi jangan pernah menganggap sebuah pekerjaan itu sulit jika belum pernah mencobanya, dan sesulit apapun pekerjaan pasti ada jalan keluarnya, semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kawan-kawan semua dalam dunia servis elektronik dan tunggu update-update berikutnya dengan kerusakan yang berbeda pula.

Catatan:
Kasus dan keluhan boleh sama, tetapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda
LihatTutupKomentar
Cancel