Cara Mengatasi Tv Polytron Bergaris Horizontal

Cara Mengatasi Tv Polytron Bergaris Horizontal - Oke rekan rekan semua, di kesempatan kali ini saya akan membahas masalah Tv polytron yang hanya bergaris horizontal atau garis lurus secara mendatar yaitu dari arah kanan ke kiri atau sebaliknya. 

Dimana kerusakan seperti ini di sebabkan oleh gagalnya suatu rangkaian untuk dapat bekerja sebagai mana mestinya, tepatnya adalah pada rangkaian vertikal, jadi pada intinya jika suatu rangkaian tidak bekerja maka akan menimbulkan masalah pada perangkat tersebut tergantung dimana dan bagian serta komponen apa yang bermasalah.

Seperti yang telah saya sebutkan seperti pada judul postingan kali ini yaitu Tv Polytron Bergaris Horizontal atau Tv polytron bergaris ramping horizontal dan bisa juga di katakan Tv Polytron slim bergaris Horizontal.

Tv Polytron Bergaris Horizontal Dan Cara mengatasinya:
Baiklah daripada saya ngomong panjang lebar yang hanya akan membuat rekan dan sobat semua merasa bosan untuk membacanya, sekarang marilah kita lihat bersama pada gambar di bawah ini.
Tampak seperti gambar di atas, terlihat dengan jelas yaitu sebuah Tv merk polytron dengan kerusakan hanya bergaris horizontal, dan seperti yang sudah saya sebutkan tadi yaitu gagalnya suatu rangkaian area vertikal untuk dapat bekerja sebagai mana mestinya, entah di sebabkan karena suatu komponen yang sudah rusak atau karena hal lain seperti tegangan yang hilang, jalur putus, dan lain lain.

Oleh karena itu alangkah baiknya setiap kita servis tidak usah terlalu buru'' agar hasil dari pekerjaan kita tidak cepat rusak lagi alias awet.

Pertama yang perlu kita lakukan di setiap memperbaiki perangkat elektronik adalah mengecek setiap tegangan yang menjadi sumber kehidupan perangkat tersebut.

Disini saya memulai dari mengecek tegangan untuk supply area atau blok vertikal karena memang bagian ini yang bermasalah.

Dan disini saya tidak menemukan hal yang janggal alias tegangan sudah oke, selanjutnya saya lakukan solder ulang karena memang solderan aslinya terlihat sudah banyak yang retak di daerah tersebut dan timah baru pun langsung menempel di kaki kaki komponen yang saya solder ulang tersebut.
Setelah solder ulang selesai tv pun saya coba nyalakan kembali, namun lagi lagi masih sama seperti sebelumnya yaitu tetap garis horizontal yang tidak mau berubah sedikitpun.

Pengecekan pun kembali di lakukan dan sekarang beralih ke daerah yang begitu kental dengan kerusakan ini yaitu daerah atau blok vertikal, pengecekan komponen pun berlanjut satu demi satu dan sampai akhirnya di temukan sebuah IC vertikal dengan nomer seri LA78141 dalam keadaan mati, dan beberapa komponen lain (elko 1uf/50v) yang ikut saya ganti karena terlihat sudah usang.

Servis Tv Polytron Bergaris Horizontal:
langsung saja tanpa pikir panjang saya pun segera menggantinya dengan yang baru dan berkualitas tentunya, agar setiap garapan atau servisan saya mempunyai ketahanan yang cukup awet dan tidak cepat rusak atau kambuh lagi, karena menurut saya baik atau tidaknya nama kita bergantung pada jangka pemakaian perangkat yang telah kita perbaiki atau servis. 

Dan inilah penampakan dari IC yang sudah rusak tadi yang menjadi biang keluarnya garis horizontal seperti yang telah di tunjukkan pada gambar pertama di atas.
Setelah pergantian komponen tersebut tv pun saya coba nyalakan dengan menancapkan kabel steker tv tersebut ke stop kontak, clep bunyi bunyi steker tv tersebut dan akhirnya byaaaarrrr, layar Tv sudah kembali terbuka normal seperti baru dari toko, dan tak lupa untuk menancapkan kabel antena untuk mengetahui bahwa tv ini apakah sudah benar benar normal atau kah belum.

Setelah kabel antenna terpasang siaran pun langsung pada bermunculan memenuhi layar tv tersebut yang artinya tv ini sudah benar-benar normal, lalu tv pun saya matikan kembali dan segera menutup dan mengemas serta mengembalikan ke tempatnya semula yaitu di lemari kaca yang cukup besar dan Setelah semua di rasa cukup saya pun melanjutkan ngopi dan berbincang-bincang bersama si empunya dan beberapa tetangga mereka sambil sesekali menanyakan masalah elektronik lainnya, ada yang hanya sekedar bertanya secara basa basi, ada juga yang terlihat serius, namun saya tetap menjawab dengan sabar agar selalu terlihat profesional. oke rekan-rekan semua itulah tadi sedikit ilmu dari saya.
Servis Tv Polytron Bergaris Horizontal:
Yang dapat saya bagikan kepada rekan semua, semoga bermanfaat dan menjadi bahan rujukan jika suatu saat rekan semua menemui kesulitan maka jangan pernah malu untuk bertanya, karena sampai kapan pun peribahasa "malu bertanya sesat di jalan" akan tetap menjadi suatu hal yang nyata.

karena tanpa bertanya kita tidak mungkin bisa tau apa" termasuk bertanya dengan mbah google, karena kebanyakan orang" atau anak" jaman sekarang ini mempunyai sifat gengsi yang lebih tinggi, selain itu juga di jaman yang serba canggih bertanya tidak harus kepada orang lain, melainkan bertanya juga bisa lewat internet seperti yang rekan" semua sekarang ini.

Baik lah rekan rekan semua saya rasa mungkin sudah pada mengerti dan sebagai akhir penutup kata wassalam.
LihatTutupKomentar
Cancel