Cara Mengatasi Gambar Terpotong Di Tv Polytron

Cara Mengatasi Gambar Terpotong Di Tv Polytron - Halo sahabat semua, jumpa lagi dengan saya di blog ini, setelah saya vakum beberapa lama karena masih menuntut ilmu tentang servis elektronik, kali ini saya kembali dengan artikel baru yang berjudul Cara MengatasiGambar terpotong di tv polytron.

Oke sahabat semua, sesuai dengan judul di atas, kurang lebih seperti gambar di bawah ini lah yang di maksud dengan judul di atas tadi.
kali ini saya kembali dengan artikel baru yang berjudul Cara MengatasiGambar terpotong di tv polytron.
Yups, itulah rekan rekan semua, seperti yang di tunjukkan gambar di atas dan sudah sesuai dengan judul yang ada.

Jadi ceritanya saya dapat panggilan dari user yang minta tolong di benerin tv nya, setelah saya datang kerumahnya, langsung saja saya nyalakan tv tersebut dan ternyata gambar hanya muncul setengah yaitu di bagian bawah layar yg masih terlihat gambarnya, sedangkan yang bagian atas hanya blank hitam saja, tampilan osd seperti angka juga tidak ada.

Tanpa berlama lama, langsung saja bongkar penutup belakang tv tersebut dan tarik board mesin tv tersebut dan langsung saya balik mesin tersebut, maka nampaklah jalur2 yang munghubungkan satu komponen dengan komponen lainnya.

Lalu seperti biasa yang pertama saya lakukan adalah menyalakan pesawat tv tersebut dan mulai mengecek tegangan yang mensupply di masing2 blok, namun disini saya hanya fokus pada tegangan yang mensupply bagian IC vertikal.

Dan disana ternyata tegangan untuk IC vertikal semua normal.

Gambar Terpotong Di Tv Polytron:
Oh iya, kalau di tv polytron tegangannya adalah simetris sahabat semua, artinya tegangan untuk catu daya IC vertikal kebanyakan di tv polytron adalah berupa min(-) plus(+) dan ground/G.

Setelah selesai mengecek tegangan dan semua normal sayapun kemudian melihat solderan pada kaki kaki IC vertikal yang tampak retak.
Setelah beberapa detik mengamati kemudian yang saya lakukan adalah resolder atau solder ulang di bagian yg retak retak tadi, dan setelah saya rasa cukup, sayapun memberanikan diri untuk mencoba menyalakan kembali pesawat tv tersebut.
Ternyata tv pun sudah langsung menyala normal kembali tanpa ada kerusakan yang berarti.

Itulah sahabat sahabat semua sedikit ceritaku tadi tentang kerusakan tv yaitu Gambar Terpotong Di Tv Polytron.

Akhir kata, tetap semangat dan kejar terus mimpimu kawan, jangan mudah menyerah dan jangan biasakan diri untuk berfikir yang susah susah, siapa tau kerusakannya ternyata hanyalah ringan seperti yang saya alami ini Wassalaamm Dan terimakasih sudah berkunjung.
LihatTutupKomentar
Cancel